Artikel Bahasa Sunda

Posted by rajwaainfo | | Posted on Jumat, Agustus 07, 2009

Bahasa Sunda adalah bahasa daerah di Jawa Barat. Bahasa sunda dijadikan bahasa sehari-hari masyarakat di Jawa Barat. Saat ini bahasa sunda sudah mulai terhapus bahkan sudah tidak lagi menjadi bahasa ibu di Jawsa Barat, hal ini sungguh sangat mengkhawatirkan, karena bahasa sunda merupakan salah satu budaya yang harus kita lestarikan.

Kita ambil contoh, sekarang warga keturunan etnis tionghoa sudah mulai membudayakan kembali bahasanya di lingkungan etnisnya sendiri, banyak perusahaan-perusahaan milik etnis tionghoa mengharuskan setiap pegawai yang akan direkrutnya untuk sedikit memahami dan menguasai bahasa cina atau mandarin, selain itu mereka berusaha untuk selalu memakai bahasa ibu mereka dalam obrolan sehari-hari.

Saya mengamati, sekarang ini masyarakat sunda sudah mulai meninggalkan bahasa ibu mereka sendiri, dan saya telaah ada beberapa faktor penyebabnya anatara lain:

  1. Kurangnya kesadaran para orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya berbahsa sunda dalam kesehariannya
  2. Ada image di masyarakat kalau memakai bahasa sunda dianggap kampungan, sehingga cenderung merasa tidak bangga menggunakan bahasa sunda.
  3. Lebih mementingkan belajar bahasa Inggris karena dianggap sangat membantu masa depan mereka.
  4. Kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam melestarikan bahasa sunda.
Hal tersebut diatas dapat dibuktikan dengan banyaknya anak-anak sekarang yang tidak bisa berbahasa sunda, begitupun secara akademis, survei beberapa LSM membuktikan bahwa hampir di seluruh JAwa barat nilai pelajaran untuk bahasa sunda sangat rendah.

Dengan kondisi ini merupakan PR bagi kita warga bumi priangan untuk dapat melestarikan dan mempertahankan bahasa sunda sebagai bahasa ibu. Mulai saat ini,mari kita budayakan untuk selalu menggunakan bahasa sunda di dalam keseharian kita, dan bagi orang tua mulailah mengajari mereka bahasa sunda sejak dini, karena siapa lagi kalau bukan kita yang akan menjaga warisan yang tidak ternilai ini.

Comments (0)

Posting Komentar